Struktur dari suatu program Pascal terdiri dari sebuah
judul program (program heading) dan suatu blok program (program block) atau
badan program (body program). Blok program dibagi menjadi dua bagian, yaitu
bagian deklarasi (declaration part) dan bagian pernyataan (statement part).
Bagian Deklarasi dapat terdiri dari deklarasi label (labels declaration),
deklarasi konstanta (constants declaration), deklarasi tipe (type declaration),
deklarasi variabel (variables declaration), deklarasi prosedur (procedures declaration)
dan deklarasi fungsi (function declaration). Secara ringkas, struktur suatu
program Pascal dapat terdiri dari:
1. Judul Program
2. Blok Program
a. Bagian Deklarasi
Deklarasi label
Deklarasi konstanta
Deklarasi tipe
Deklarasi variabel
Deklarasi prosedur
Deklarasi fungsi
b. Bagian Pernyataan
Program Pascal Yang Paling Sederhana
Suatu program Pascal yang paling sederhana adalah
program yang hanya terdiri dari sebuah bagian pernyataan saja. Bagian
pernyataan (statement part) merupakan bagian yang terakhir dari suatu blok.
Bagian ini diawali dengan reserved word Begin dan diakhiri dengan reserved word
End. Jadi suatu program Pascal yang paling sederhana dapat berbentuk :
Begin
End.
Blok statement harus diawali oleh kata Begin dan
diakhiri dengan kata End yang ada titik dibelakangnya (End.). Jangan lupa ya!
Sedangkan format umum untuk suatu program biasanya adalah:
Program …
Uses …
Var
… …
Begin
…statement…
End.
Kata program boleh ada, boleh tidak (optional).
Gunanya untuk memberi nama program saja. Lalu cobalah untuk mengetikkan
statement berikut lalu jalankan (Ctrl+F9):
Begin
writeln('Halo Dunia!');
End.
Dalam kasus ini kita tidak menggunakan uses dan var.
Seharusnya program di atas menghasilkan tulisan ‘Halo’ di layar. Jika terlalu
cepat, tekan tombol alt+F5. Kemudian tekan sembarang tombol untuk kembali ke
editor Pascal.
Uses
Untuk apakah uses itu? Uses adalah sejenis istilah
yang berarti kita menggunakan suatu library (pustaka) tertentu. Lalu sekarang,
apakah library itu? Untuk lebih mudah, anggap saja library itu sejenis kotak
yang di dalamnya ada perintah-perintah yang kita butuhkan untuk program kita
nantinya, seperti clrscr, readkey, keypressed, readln, dsb.
Pertanyaan lagi, mengapa program di atas tidak pakai
uses? Karena statement writeln adalah memakai library standar milik TP (unit
system), yang tidak perlu ditulis lagi.
Oh, ya. Bahasa Pascal bersifat incase-sensitive yang
artinya tidak mempedulikan huruf besar atau kecil. Jadi terserah mau menulis
kata Begin dengan begin atau BEGIN atau bahkan BeGiN. Tidak masalah koq. Dan
jangan lupa, pada umumnya di akhir suatu perintah selalu diakhiri dengan tanda
titik koma (;).
Penggunaan Write dan Writeln
Syntax write: write('');
Syntax writeln: writeln('');
Untuk lebih jelasnya, ketikkan perintah-perintah
berikut ke editor Pascal anda lalu jalankan (Ctrl+F9).
Uses crt;
begin
clrscr;
writeln('ini baris pertama');
writeln('ini baris kedua');
write('ini baris ketiga');
write(' ini muncul disampingnya ');
writeln;
write('ini baris keempat');
end.
Sudah tahukah apa kegunaannya dan apa bedanya? Yang
pasti, perintah write hanya menulis saja sedangkan perintah writeln menulis
kemudian memindahkan kursor ke baris berikutnya.
Variabel
Variabel bisa diibaratkan sebagai sebuah kantong yang
bisa menyimpan sesuatu. Dalam program yang meminta inputan ke user, maka
inputannya harus ditampung ke dalam kantong yang bernama variabel ini. Dan
kantong ini juga bisa diakses oleh statement program lainnya. Berikut ini
adalah berbagai macam tipe variabel.
Shortint
-128 s/d 127
Byte
0 s/d 255
Integer
-32768 s/d 32767
Word
0 s/d 65535
Longint
-2146473648 s/d 2146473647
Real
2.9 e-39 s/d 1.7 e37
String
1 s/d 255 huruf
Char
1 huruf saja
Tipe variabel di atas adalah tipe
variabel yang paling sering digunakan. Untuk tipe pecahan, masih ada tipe
seperti single, double, extended, dsb. Silahkan pelajari sendiri di help yang
tersedia (Ctrl+F1). Berikutnya adalah cara pendeklarasian variabel. Variabel di
deklarasikan di blok var. Contoh:
Var
umur : byte;
nama : string;
Untuk memberikan suatu nilai pada variabel, pada
statement masukan perintah:
:= ;
Contoh program:
Var
umur : byte;
sekolah : string;
begin
umur := 20;
sekolah := 'iSTTS';
writeln('Umurku ',umur,' tahun');
writeln('Aku bersekolah di ',sekolah);
end.
Jalankan dan lihat hasilnya! Lalu bagaimana jika kita
ingin meminta inputan dari user. Gunakan perintah read atau readln. Contoh
programnya:
Var
umur : byte;
sekolah : string;
begin
write('Umur saya berapa? '); readln(umur);
write('Sekolah saya di mana?'); readln(sekolah);
writeln('Umurku ',umur,' tahun');
writeln('Aku bersekolah di ',sekolah');
readln;
end.
Jalankan! Jika masukkan inputan lalu tekan enter. Lalu
karena pada statement paling akhir program meminta readln. Itu artinya kita
harus menekan tombol enter untuk kembali ke editor.
Uses crt
Crt merupakan suatu unit yang mempunyai beberapa
perintah yang dapat kita gunakan dalam hal pengolahan program berbasis teks.
Beberapa perintah atau syntax yang memakai library ini adalah:
1. Clrscr : untuk membersihkan layar.
2. Textcolor : memberi warna pada tulisan.
3. TextBackground : memberi warna pada latar belakang
tulisan tersebut.
4. GotoXY : memindahkan kursor ke posisi X,Y.
5. Sound, NoSound : membunyikan speaker dan
menghentikannya.
6. Delay : menunda pemrosesan program beberapa waktu.
7. Textmode : mengubah besar karakter.
Contoh program :
Uses crt;
Begin
Clrscr;
Textcolor(14);
Textbackground(1);
Gotoxy(10,20);
Writeln('Tulisan kunig di atas biru!')
{penggunaan Sound dan NoSound}
Sound(440); delay(1000); nosound;
End.
Daftar warna:
1: hitam
2: biru
3: cyan
4: merah
5: magenta
6: coklat
7: abu-abu terang
8: abu-abu gelap
9: biru muda
10: hijau muda
11: cyan muda
12: merah muda
13: magenta muda
14: kuning
15: putih
Perhitungan matematika
Suatu statement pada blok program bisa digunakan untuk
menghitung perhitungan matematika. Perhatikan program berikut:
…
Var
a,b,c : integer;
Begin
a:=1;
b:=5;
{penjumlahan}
c:=a+b;
writeln(c);
{pengurangan}
c:=b-a;
writeln(c);
{perkalian}
c:=a*b;
writeln(c);
{pembagian}
c:=b/a;
writeln(c);
End.
…
Div
Adalah pembagian yang selalu menghasilkan bilangan
bulat (integer).
Contoh: c:=a div b;
Mod
adalah sisa dari pembagian modulo atau remainder yang
selalu menghasilkan integer.
Contoh: c:=a mod b;
Trunc
Pembulatan angka ke bawah. Misalnya angka 5.7
dibulatkan menjadi 5.
Contoh: trunc(c);
Round
Pembulatan ke nilai integer terdekat, misal 5.6
dibulatkan ke enam. 7.1 dibulatkan menjadi tujuh.
Contoh: round(c);
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
terima kasih atas kunjungan anda